Kamis, 18 November 2010

PRILAKU KONSUMEN TERHADAP BARANG (JURNAL DARI 3 REVIEW)

Nama                    :        Iman Dharmawan
NPM                     :        10208629
Kelas                     :        3 EA12
Mata Kuliah         :        Metode Riset
Dosen                   :        Bpk. Prihantoro

TEMA

Kepuasan konsumen terhadap Air Mineral, Hasil Karya Patung, dan Pengaruh Bauran Produk, Pelayanan dan Promosi terhadap Kepuasan dan Peningkatan Jumlah Pelanggan

PENDAHULUAN

Setelah di review ketiga judul antara lain :
Ø     Analisis yg mempengaruhi kerajinan patung di gianyar
Ø     Prilaku konsumen terhadap air mineral
Ø     Penelitian restoran steak and ribs kenyot corp
Dari sini saya akan mencoba berusaha membuat Jurnal
Perkembangan teknologi, Perubahan zaman, Perubahan pola pikir manusia yang semakin instan membuat  celah para pelaku usaha untuk berlomba- lomba membuat usaha untuk menyajikan dan memudahkan  para konsumen. Adapun faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam menentukan pembelian antara lain : faktor pribadi pembeli, faktor budaya, kelompok reference, faktor kelas sosial, faktor produk, factor harga, faktor promosi, faktor distribusi, faktor kondisi fisik

ISI

Rumusan Masalah                                                             
Berdasarkan latar belakang permasalahan yang ada, maka dikemukakan perumusan masalah sebagai berikut :
1. Apakah perilaku konsumen?
2. Factor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen ?
3. Apa teori dari perilaku konsumen ?
4. sikap dan perilaku konsumen air minum mineral

Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai, adalah :
1. Untuk mengetahui apakah perilaku konsumen
2. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen
3. Untuk mengetahui teori dari perilaku konsumen
4. Untuk mengetahui sikap dan perilaku konsumen

B. Metode Penelitain
1. Data primer meliputi tanggapan responden dengan cara menyebarkan kuesioner
2. Data sekunder misalnya laporan-laporan atau dokumen yang berasal dari instansi pemerintah dan juga penjualan dan data historis pelanggan
3. Data / Variabel yang Digunakan
Sesuai dengan tujuan penelitian ini, variable yang akan diuji meliputi variable Dependen (Y) yaitu Kepuasan Konsumen dan variabel Independen (X) yaitu Produk (X1), Pelayanan (X2), dan Promosi (X3). C. Data / Variabel yang Digunakan
Sesuai dengan tujuan penelitian ini, variable yang akan diuji meliputi variable Dependen (Y) yaitu Kepuasan Konsumen dan variabel Independen (X) yaitu Produk (X1), Pelayanan (X2), dan Promosi (X3).

4. Teknik Pengumpulan Sampel
Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dipilih secara non probabilitas (Non Random Sampling Method), yaitu tidak semua subyek atau individu dari populasi mendapatkan kemungkinan (probabilitas) yang sama untuk dijadikan anggota sampel.
5. Alat Analisis yang Digunakan
1. Skala Likert
Skala Likert tersebut adalah teknik pengukuran sikap yang paling luas digunakan dalam riset pemasaran. Skala Likert disebut juga summated rating scale. Skala Likert memungkinkan responden untuk mengepresikan intensitas perasaan mereka secara lebih luas. Hal ini dimungkinkan karena pertanyaan yang terdapat dalam Skala Likert memiliki jawaban berjenjang atau dengan kata lain memilikikemungkinan jawaban yang lebih banyak.
Pada saat menggunakan Skala Likert, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :
1.     Urutan pertanyaan perlu diacak agar setiap pertanyaan mendapat peluang yang sama untuk setiap posisi
2.     Hindari keseragaman pilihan jawaban dengan mengacak titik ekstrem positif dan negative. Misalnya letakan kata sangat setuju sebagian disebelah kiri dan sebagian lagi disebelah kanan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari pemberian jawaban yang seragam untuk semua jawaban.
Dalam penelitian ini untuk mengukur variabel-variabel digunakan kuisioner dengan pendekatan “Skala Likert” dengan lima (5)angka yaitu :
         Sangat Puas skor 5.
         Puas skor 4.
         Kurang Puas skor 3.
         Tidak Puas skor 2.
         Sangat Tidak Puas skor 1.

 Analisis Regresi Linear Berganda
Metode yang juga digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dimana variabel independen pada penelitian ini adalah faktor-faktor bauran pemasaran (X) dan variabel dependen pada penelitian ini adalah kepuasan (Y).
Rumusan persamaan regresi yang digunakan adalah sebagai berikut :
Y = a + bx1 +bx2 + bx3
Dimana : Y = Kepuasan Konsumen
X1 = Produk
X2 = Pelayanan
X3 = Promosi

PENGAMBILAN KEPUTUSAN
 1. Keluasan pengambilan keputusan dibuat berdasarkan proses kognitip dari penyelidikan informasi dan  evaluasi  pilihan  merek. 
2. Dimensi atau proses yang tidak terputus Pembelian berhubungan secara erat dengan kepentingan dan image konsumen itu sendiri. Beberapa resiko yang dihadapi konsumen adalah resiko keuangan , sosial, psikologi.

KESIMPULAN

Pertama: dari segi produk manajer terus menerus mencari dan mengembangkan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Kedua: dari segi harga, manajer berusaha menentukan harga yang bisa terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Ketiga: dari segi distribusi, manajer memberikan pelayanan sebaik mungkin, sehingga mudah diperoleh konsumen. Keempat: dari segi promosi, manajer bisa menyampaikan informasi melalui iklan maupun promosi penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar